Identifikasi Masalah

Masalah utama adalah ketidakmampuan sistem asesmen saat ini dalam menyediakan diagnosis belajar yang akurat dan intervensi yang tepat, yang menghambat pencapaian potensi siswa secara optimal.
(Zhan et al., 2023; Nusantara et al., 2025)

  1. 1

    Kegagalan Diagnosis

    Sistem asesmen tradisional (statis dan seragam) gagal memberikan gambaran akurat atas penguasaan atribut kognitif siswa secara mikroskopik.
    (de la Torre, 2009; Zhan et al., 2023)

  2. 2

    Kesenjangan Implementasi

    Terjadi celah besar antara kebutuhan pembelajaran adaptif dengan kenyataan sekolah yang menghadapi keterbatasan infrastruktur, kompetensi guru, dan metode konvensional.
    (Ješková et al., 2022; Boussakuk et al., 2021)

  3. 3

    Hambatan Teknis & Psikometrik

    Penggunaan CDM dan AI terkendala oleh kompleksitas teknis, tantangan validasi Q-Matrix, serta minimnya data untuk pelatihan AI.
    (Fukushima et al., 2025; Mohd Noordin et al., 2023)

  4. 4

    Konsekuensi Praktis

    Pembelajaran menjadi kurang responsif, miskonsepsi siswa tidak terdeteksi, dan motivasi belajar menurun.
    (Ackermans et al., 2021; Hornos et al., 2024)

← Kembali ke Kesenjangan Riset Lanjut ke Pembatasan Masalah