Asumsi Pengembangan
Penelitian ini didasarkan pada beberapa asumsi kunci agar pengembangan dan implementasi sistem dapat berjalan secara efektif dan relevan.
Relevansi Kurikulum
Karakteristik pembelajaran Fisika SMA, khususnya materi Mekanika, relevan dengan desain sistem asesmen adaptif yang dikembangkan.
Kesiapan Siswa
Siswa peserta tes minimal telah mempelajari materi Mekanika dan diasumsikan mengerjakan tes dengan sungguh-sungguh dan jujur.
Kesiapan Guru
Guru sebagai pengguna utama bersedia terlibat aktif dalam implementasi, pelatihan, dan pemanfaatan hasil diagnosis dari sistem CFAIR.
Ketersediaan Infrastruktur
Terdapat sarana dan prasarana yang memadai di sekolah, seperti perangkat komputer dan koneksi internet, untuk pengoperasian sistem.
Standardisasi Prosedur
Prosedur penyelenggaraan tes dilaksanakan secara terstandar dan adil, termasuk dalam hal waktu pengerjaan dan kondisi lingkungan tes.