Asumsi Pengembangan

Penelitian ini didasarkan pada beberapa asumsi kunci agar pengembangan dan implementasi sistem dapat berjalan secara efektif dan relevan.

Relevansi Kurikulum

Karakteristik pembelajaran Fisika SMA, khususnya materi Mekanika, relevan dengan desain sistem asesmen adaptif yang dikembangkan.

Kesiapan Siswa

Siswa peserta tes minimal telah mempelajari materi Mekanika dan diasumsikan mengerjakan tes dengan sungguh-sungguh dan jujur.

Kesiapan Guru

Guru sebagai pengguna utama bersedia terlibat aktif dalam implementasi, pelatihan, dan pemanfaatan hasil diagnosis dari sistem CFAIR.

Ketersediaan Infrastruktur

Terdapat sarana dan prasarana yang memadai di sekolah, seperti perangkat komputer dan koneksi internet, untuk pengoperasian sistem.

Standardisasi Prosedur

Prosedur penyelenggaraan tes dilaksanakan secara terstandar dan adil, termasuk dalam hal waktu pengerjaan dan kondisi lingkungan tes.