Model Pengembangan

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Design and Development Research (DDR) dari Richey & Klein, sebuah pendekatan sistematis untuk merancang dan mengembangkan produk pendidikan berbasis teori dan kebutuhan empirik.

Mengapa DDR?

  • Sistematis: Menyediakan tahapan yang jelas dan terstruktur, dari analisis masalah hingga evaluasi produk.
  • Relevan: Sangat sesuai untuk pengembangan produk kompleks yang mengintegrasikan teknologi, psikometri, dan pedagogi.
  • Iteratif: Memungkinkan perbaikan berkelanjutan pada setiap tahap untuk memastikan produk akhir berkualitas tinggi dan fungsional.

Kerangka Kerja DDR (Ellis & Levy, 2010)

Model ini diimplementasikan melalui enam tahap utama yang saling terkait:

  1. Identifying the problem (Identifikasi Masalah)
  2. Describing the objectives (Deskripsi Tujuan)
  3. Designing and developing the artifact (Desain & Pengembangan Artefak)
  4. Testing the artifact (Pengujian Artefak)
  5. Evaluating the testing results (Evaluasi Hasil Uji)
  6. Communicating the results (Komunikasi Hasil)

Pendekatan ini memastikan bahwa sistem C-FAIR yang dikembangkan tidak hanya inovatif, tetapi juga memiliki dasar konseptual yang kuat dan responsif terhadap tantangan nyata di lapangan.